OM SWASTYASTU * SELAMAT DATANG DI SASTRA AGAMA INI * SEMOGA SEMUA INFORMASI YANG DISAJIKAN DI SASTRA AGAMA BERGUNA BUAT SAUDARA DAN SAUDARI * SAHABAT DAN REKAN SEMUA * ARTIKEL YANG TERSAJI DISINI MERUPAKAN REFERENSI DARI BERBAGAI SUMBER YANG TERPERCAYA * TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Jatakarma Samskara

Jatakarma Samskara adalah upacara untuk menyambut kelahiran seorang anak sebagai cetusan rasa bahagia dan terima kasih dari kedua orang tua atas kelahiran anaknya, kebahagiaannya sebagaimana disebutkan dalam kutipan artikel scribd.com, upacara terutama disebabkan beberapa hal antara lain :
  • Adanya keturunan yang diharapkan akan dapat melanjutkan tugas-tugasnya terhadap leluhur dan masyarakat.
  • Hutang Tri Rna kepada orang tua terutama berupa kelahiran telah dapat dibayar.
Sarana dan pelaksanaanya dijelaskan sebagai berikut :
  • Sarana : 
  • Waktu : dilaksanakan pada waktu bayi baru dilahirkan dan telah mendapat perawatan pertama.
  • Tempat upacara : dilaksanakan di dalam dan di depan pintu rumah.
  • Pelaksanaan : dipimpin oleh salah seorang keluarga yang tertua atau dituakan, demikian juga untuk menanam (mendem) ari-arinya. Dalam hal tidak ada keluarga tertua, misalnya, hidup di rantauan, sang ayah dapat melaksanakan upacara ini.
  • Tata Cara :
    1. Bayi yang baru lahir diupacarai dengan banten dapetan, canang sari, canang genten, sampiyan dan penyeneng. Tujuannya agar atma / roh yang menjelma pada si bayi mendapatkan keselamatan.
    2. Setelah ari-ari dibersihkan, selanjutnya dimasukkan ke dalam kendil lalu ditutup. Apabila mempergunakan kelapa, kelapa itu terlebih dahulu dibelah menjadi dua bagian, selanjutnya ditutup kernbali. 
      • Perlu diingat sebelum kendi atau kelapa itu digunakan, pada bagian tutup kendi atau belahan kelapa bagian atas ditulisi dengan aksara OM KARA (OM) dan pada dasar alas kendi atau bagian bawah kelapa ditulisi aksara AH KARA (AH).
    3. Kendi atau kelapa selanjutnya dibungkus dengan kain putih dan didalamnya diberi bunga.
    4. Selanjutnya kendil atau kelapa ditanam di halaman rumah, tepatnya pada bagian kanan pintu ruangan rumah untuk anak laki-laki, dan bagian kiri untuk wanita bila dilihat dari dalam rumah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Sekar Madya